Selasa, 06 Desember 2011

Ragam Modem dan Tekhnologi NFC


Topik yang akan d bahas didalamnya adalah menjelaskan tentang layanan data wireless yang dipastikan akan menjadi primadona industri selular pada tahun 2012. Hal ini didukung dengan turunnya pendapatan dari sms pada operator selular, data akan menjadi pembangun pendapatan yang cukup signifikan.
Termasuk Telkomsel yang serius membangun jaringan broadband di seluruh wilayah Indonesia. Dari sector sentral terdapat anggaran sebesar 400 triliun rupiah. Hal ini diungkapkan pada Seminar Pertarungan Telko 2012 di Jakarta Media Center Gedung Dewan Pers. Untuk menghasilkan layanan data berkualitas terhalang oleh spektrum frekuensi, karena okupansi spectrum sudah mendekati puncaknya. Jika spektrum tadi sudah penuh sesak otomis konsumen sebagai pengguna data menjadi tidak nyaman.
Selain itu juga membahas tentang modem dan teknologi NFC. Modem merupakan fenomena yang akhir-akhir ini semakin merebak dan menjamur. Kini sebagian besar masyarakat telah menggunakan modem. Modem dibagi menjadi dua yakni berdasarkan penempatan dan berdasarkan sinyal. Modem internal adalah modem yang ada di dalam sebuah computer maupun laptop. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang berada di luar computer dan laptop, bisa dipasangkan dan dilepas secara mudah. Berdasarkan sinyal yaitu modem kabel adalah modem yang aliran datanya melalui media kabel, contohnya modem ADSL, Modem kabel pada jaringan TV kabel Modem Dial-Up dan lain-lain. Modem Nirkabel adalah modem modem yang menerima signal dengan perantara udara (tanpa kabel), contohnya modem 3G, modem GSM, modem CDMA dan lain-lain.
Sedangkan NFC (Near field Communication), merupakan seperangkat teknologi konektivitas nirkabel yang dikembangkan dari teknologi RFID (Radio Frequency Identfication) untuk memudahkan transaksi melalui sebuah ponsel. Jika dulu kita mengenal tentang WIFI (mengaktivikasikannya dengan adanya kode), lalu Bluetooth (jika mengaktivikasikannya dengan mempairing antara satu hp dengan hp lain), serta NFC (jika mengaktivikasikannya hanya berjarak 5-10 cm saja). Sebelum teknologi ini merambah ke HP, produsen lebih menggunakan teknologi ini pada akses control, konsumen elektronik, kesehatan, informasi pengumpulan dan pertukaran, loyalitas dan pembelian kupon, pembayaran dan transportasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar