Selasa, 29 November 2011

STRATEGI BUNDLING DALAM DUNIA SELULER DI INDONESIA


Di tengah era kompetisi yang semakin sengit, strategi bundling adalah sebuah strategi yang paling jitudan mujarab bagi vendor dan operator untuk meraih target. Pasalnya lewat satu paket penjualan, misi pemasaran dari dua institusi bisa dicapai dengan lebih mudah. Konsumen pun bisa memperoleh keuntungan dari system bundling tersebut. Pengertian strategi bundling sendiri adalah suatu cara pemasaran yang menjual 2 produk dalam satu paket dengan harga yang lebih murah.
Awal mula adanya strategi bundling ini adalah susahnya ponsel CDMA masuk dalam dunia industry/ banyak masyarakat yang tidak tertarik menggunakan ponsel CDMA dan akhirnya mereka menggunakan paket bundling. Dengan adanya strategi tersebut, konsumen membludak karena dengan membeli paket bundling tersebut mereka mendapatkan banyak keuntungan, seperti aplikasi untuk facebook, twitter atau jejaring social  yang lain dengan harga yang murah. Strategi ini juga di ikuti oleh ponsel Nexian yang akhirinya sangat booming sampai mengakibatkan banyak antrian. Cara tersebut juga diikuti para ponsel china, dimana bila kita membeli ponsel tersebut sudah mendapatkan kartu perdana.  Dengan system yang demikian dapat mendongkrak penjualan kartu tersebut.
Dalam definisi ilmu pemasaran,  bundling produk adalah strategi untuk menggabungkan penjualan 2 produk menjadi satu paket penjualan. Tentu dalam industry seluler ada 2 kekuatan utama yang bermain, yakni operator dan vendor. Tapi vendor juga tak jarang menjadi inisiatif bundling , semisal dengan menggandeng penyedia konten.
Bila awalnya program bundling identik dengan ponsel low end dan tarif voice murah, kini trend sudah mulai berkembang. Operator dan vendor  menawarkan atau memberikan paket bundling ponsel high end yang mengedepankan layanan data.  Fenomena  kesuksesan blackberry bisa juga menjadi contoh menarik, misalnya paket bundling dengan modem 3G / HSDPA.

·         Keuntungan yang didapat oleh konsumen :
1.      Harga lebih murah
2.      Tidak ribet
3.      Mendapatkan promosi / bonus, seperti gratis sms, gratis nelpon, intrenet.

Tapi ada juga konsumen yang lebih suka menggunakan ponsel yang tidak bundling alasannya sudah nyaman menggunakan provider tertentu dan tidak bisa ganti- ganti kartu perdana.
·         Cara memilih paket bundling :
1.      Carilah harga yang terjangkau
2.      Cari layanan yang menarik dang menguntungkan kita ( misalkan , internet untuk facebook )
3.      Lihat kualitas produk tersebut / brand tersebut mempunyai komitmen apa tidak
4.      Sesuaikan dengan kebutuhan.

3 komentar:

  1. Bermanfaat sekali informasinya, baru paham istilah bundling dengan baca blog Mbak :) Salam kenal ^_^

    -------
    nufazee.blogspot.com

    BalasHapus
  2. kalau saya dapat kuota bundling 51200KB itu maksudnya apa ya?

    BalasHapus